Dokter Kami Sahabat Anda

Selasa, 16 September 2014

4 HAL YANG PERLU ANDA WASPADAI TENTANG KANKER TIROID



Kanker tiroid merupakan neoplasma tiroid (pembesaran tiroid yang memiliki ciri-ciri khusus) yang ganas. Lazimnya hal ini hanya dapat diobati dengan yodium radioaktif, reseksi bedah kelenjar tiroid, kemoterapi atau radioterapi. Kanker tiroid dapat diklasifikasikan sesuai dengan karakteristik histopatologis mereka. Varian berikut dapat dibedakan (distribusi melalui berbagai subtipe dapat menunjukkan variasi regional) :


  • Kanker Tiroid Papiler
    Data menyebutkan 75% - 85% dari total kasus kanker tiroid keseluruhan. Jenis ini sering terjadi pada wanita muda dengan prognosis (diagnosis awal) yang baik.
  • Folikel Tiroid Kanker
    Data menyebutkan 10% sampai 20% dari total kasus kanker tiroid.
  • Kanker Tiroid Anaplastik
    Kurang dari 5% jenis ini memiliki prognosis yang lebih baik daripada jenis lain.
  • Microcarcinoma Papiler
    Adalah subset dari kanker tiroid papiler didefinisikan sebagai berukuran kurang dari atau sama dengan 1 cm. Insiden tertinggi microcarcinoma tiroid papiler dalam seri otopsi dilaporkan oleh Harach et al. pada tahun 1985, yang menemukan 36 dari 101 otopsi berturut-turut ditemukan memiliki microcarcinoma insidental. Michael Pakdaman et al. Laporan insiden tertinggi dalam serangkaian bedah retrospektif pada 49,9% dari 860 kasus.

Sejak tahun 1940 sampai tahun 1960-an, pengobatan dosis rendah dengan memberikan radiasi pada kepala dan leher selama masa bayi dan masa kanak-kanak digunakan untuk mengobati awal mula penyakit ini. Jenis terapi telah ditunjukkan untuk mempengaruhi orang untuk kanker tiroid. Semakin muda pasien pada waktu paparan, semakin tinggi risiko kanker berkembang.

Penyebab lain mungkin karena pemberian iradiasi dosis tinggi ke kepala dan leher. Pasien dengan limfoma Hodgkin yang diobati dengan teknik pengobatan iradiasi mantlefield memiliki peningkatan risiko kanker tiroid berkembang, meskipun lebih mungkin hipotiroidisme.

Kanker tiroid biasanya ditemukan pada pasien eutiroid (kelenjar tiroid berfungsi normal), namun gejala hipertiroidisme atau hipotiroidisme dapat dikaitkan dengan tumor berdiferensiasi baik besar atau metastasis. Nodul tiroid (benjolan padat atau cair di dalam tiroid) membutuhkan perhatian lebih khusus jika ditemukan pada mereka yang berusia di bawah umur 20 tahun.

Tapi kini, kami dari Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia sebagai satu-satunya penyedia jasa layanan pengobatan di Indonesia yang berhasil menggabungkan ilmu medis barat dan medis persia dalam melawan sel-sel kanker tiroid, telah berhasil membuat suatu Formula Ampuh dalam mengobati kanker tiroid secara tuntas. Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia sudah banyak menangani pasien dengan berbagai keluhan penyakit dengan angka kesuksesan mencapai 88%. Hal ini tentu adalah hasil Mahakarya dari Tim Medis dan Tim Farmasi kami yang sangat kompeten di bidangnya. Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti laboratorium (Laboratorium Avicenna) dan Gedung Rumah Sakit yang sangat nyaman dalam selama penyembuhan pasien.

Awal berdirinya Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 2007 yang ketika itu masih dikenal luas dengan nama Poliklinik GR Setra. Sebagai bentuk dedikasi kami dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat luas, maka mulai tahun 2014 ini kami membangun sebuah Rumah Sakit dengan nama Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia untuk menampung lebih banyak pasien dan memberikan pelayanan kesehatan paripurna kepada masyarakat.

Yang menjadi kelebihan kami dari Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia dibandingkan dengan Pelayan Jasa kesehatan lainnya adalah, kami tidak menggunakan metode operasi dan kemoterapi, ini dilakukan untuk menjaga faktor psikologis pasien yang kerap “takut’ ketika mendengar kata operasi ataupun kemoterapi, disamping memang tidak ada jaminan kalau kedua metode penyembuhan tersebut akan selalu berhasil. Ini juga berhubungan dengan dampak langsung maupun sistemik dari kedua metode umum tersebut bagi tubuh pasien, sebagai contoh : metode kemoterapi kerap berakibat membuat kulit pasien menghitam, muntah, rambut rontok, badan terasa lelah, gangguan emosional gangguan pembentukan set darah, hilangnya nafsu makan dan berpotensi memicu kerusakan sel sel tubuh jika ini terus dilakukan terus menerus.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Bandung – Jawa Barat - INDONESIA