Dokter Kami Sahabat Anda

Kamis, 18 September 2014

PENGERTIAN KANKER LIDAH  

Kanker lidah adalah jenis kanker oral yang paling umum terjadi, membuat sekitar 31-39% dari kanker oral dan insidennya bertambah perlahan-lahan. Pengertian tentang gejala kanker lidah dapat membantu dalam diagnosa dini dan pengobatan lebih awal.

PENYEBAB KANKER LIDAH
  1. Faktor Fisik – gesekan pada lidah dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan sariawan berkepanjangan yang nantinya dapat memicu munculnya kanker lidah. Faktor higinis mulut yang buruk yang berpotensi menyebabkan peradangan kronis, Radiasi sinar tertentu seperti radioterapi juga mempunyai peranan dalam memicu perkembangan sel-sel kanker pada lidah.
  2. Faktor Kimia – zat tembakau dan alkohol yang terkandung dalam rokok dan minuman beralkohol sangat dapat memicu terjadinya kanker lidah. zat nikotin dalam rokok yang banyak mengandung zat karsinogenik dan minuman beralkohol yang mengandung zat etanol tidak diragukan lagi merupakan penyebab utama kanker lidah.
  3. Faktor Biologi – Menurut sejumlah laporan penelitian menyebutkan bahwa papillomavirus atau biasa kita sebut kutil pada lidah juga berpotensi memicu kanker lidah.
  4. Faktor lain seperti gangguan nutrisi dan metabolisme.
  5. Precancerous lesions (tomur jinak) – kondisi abnormal pada jaringan lidah atau selaput lendir yang berpotensi memicu munculnya kanker, ini bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit seperti trauma fisik, kimiawi, elektris, infeksi ataupun autoimun.

    GEJALA DINI KANKER LIDAH
Sebagian besar kasus pada penderita kanker lidah, kerap mengeluhkan terjadi nyeri di bagian mukosa. Gejala dini kanker lidah adalah ketidaknyamanan dilidah, nyeri, adanya lesi (benjolan menyerupai kutil) di lidah dengan kisaran ukuran 1-2cm. Gejala kanker lidah sendiri dibagi menjadi 3, yaitu : sariawan, eksogen dan infiltrasi. Gejala eksogen adalah seperti bisul berbentuk seperti kembang kol, disertai nyeri, dan nyeri di daerah telinga dan temporal. Lesi juga berkomplikasi bila terinfeksi; mungkin pendarahan, berbau busuk, keterbatasan penggunaan fungsi lidah, kesulitan makan, kesulitan berbicara atau air liur yang sulit di kontrol.

GEJALA KANKER LIDAH LANJUT
Pada stadium ini, kanker sudah menjangkau bagian tengah lidah dan sudah menyebar ke kelenjar getah bening. Biasanya rute penyebarannya adalah ke kelenjar getah bening servikal, yang kemudian diikuti penyebaran ke kelenjar getah bening submental dan sekelompok getah bening dalam lainnya. Mengingat tingkat penyebarannya yang cukup cepat, maka pasien sebaiknya segera menjalani pengobatan sesegara mungkin sebelum hal yang buruk terjadi.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Bandung – Jawa Barat - INDONESIA