Dokter Kami Sahabat Anda

Sabtu, 06 September 2014

DIABETASI DI INDONESIA TERBANYAK SE-ASIA TENGGARA


Seiring pertumbuhan ekonomi dan pesatnya teknologi, Indonesia dinilai menjadi kawasan yang sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit akibat banyak perubahan gaya hidup. Dari data International Diabetes Federal (IDF) 2010 menyebutkan, Indonesia menjadi peringkat pertama penderita diabetes terbanyak se-Asia Tenggara.
Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD tidak menampik bahwa orang Indonesia memang rentan mengalami diabetes.

“Ketika perekonomian membaik, penghasilan tinggi, risiko untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan lemak akan meningkat tajam. Begitu juga dari sisi perkembangan teknologi. Teknologi membuat berkurangnya aktifitas fisik. Kalau dulu petani jalan kaki atau naik sepeda ke sawah, sekarang mereka naik sepeda motor. Terus dimana-mana ada BTS atau Base Transceiver Station (Pemancar jaringan telephone seluler/mobile phone). Konsekuensinya akhirnya memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas,” kata Pradana di sela-sela peluncuran aplikasi Ramadan Diabetes and Me, di JS Luwansa, Jakarta, Senin (23/5/2014).
Mencegah jumlah penderita diabetes semakin banyak, Pradana mengimbau masyarakat untuk mengubah pola hidup dengan mengonsumsi makanan berdasar gizi seimbang.
“Makan karbohidrat paling banyak 40-50 persen, protein 60 persen dan lemak 20 persen. Jangan makan nasi sama daging saja. Makanan kita saat ini telah bergeser menjadi lebih banyak lemak dan protein sehingga jumlah kalori meningkat dan banyak yang gemuk,” jelasnya.
Sebagai orang yang memiliki diabetes tipe 2 selama hampir 20 tahun, saya telah mendengar banyak fakta menarik tentang diabetes yang telah membuat saya mengangkat alis karena terkejut. Fakta-fakta menarik di bawah ini yang menyenangkan untuk berbagi. 20 Fakta Menarik Tentang Diabetes

Sebuah metode tes darah awal disebut Clinitest diperkenalkan oleh Ames Diagnostik pada tahun 1941 mensyaratkan pencampuran urin dan air dalam tabung reaksi dan menambahkan pil biru kecil yang menyebabkan reaksi kimia yang dapat menyebabkan luka bakar fisik yang parah karena panas yang ekstrim. Warna cairan akan menunjukkan apakah ada glukosa dalam urin. Pada tahun 1969, meteran glukosa darah portabel pertama diciptakan oleh Ames Diagnostics. Itu disebut Ames Reflektansi Meter (ARM). Ames kemudian menjadi bagian dari Bayer. Perangkat tampak banyak seperti perangkat tricorder yang digunakan dalam seri Star Trek asli. Harganya sekitar $ 650 dan hanya bagi dokter untuk digunakan dalam praktek atau rumah sakit mereka. Meter glukosa darah portabel untuk digunakan di rumah oleh pasien tidak dijual di Amerika Serikat sampai tahun 1980-an. Dr Richard Bernstein, penulis buku populer Diabetes Solusi Dr Bernstein, adalah orang pertama yang menggunakan meteran portabel untuk memeriksa kadar gula darahnya di rumah. Dia adalah seorang insinyur pada waktu dan dalam kesehatan yang buruk akibat diabetes 1 Tipe. Dia memperoleh meteran ARM dimaksudkan hanya untuk dokter. Karena ia bukan dokter pada saat itu, ia berbicara istrinya (yang adalah seorang psikiater) ke memperoleh perangkat untuknya. Kondisi diabetes secara drastis membaik. Dia kemudian berkampanye untuk meter glukosa darah di rumah portabel untuk digunakan pasien di rumah. Dia tidak mampu untuk mendapatkan jurnal medis untuk mempublikasikan studinya, sehingga pada usia 43 tahun ia pergi ke sekolah kedokteran dan menjadi seorang ahli endokrinologi.

India memiliki populasi tertinggi orang dengan diabetes tipe 2, lebih dari negara lain di dunia. Negara dengan persentase tertinggi orang dengan diabetes tipe 2 adalah sebuah pulau kecil di Pasifik Selatan disebut Nauru. Ini adalah negara terkecil ketiga di dunia setelah Kota Vatikan dan Monako. Paling awal dikenal catatan tertulis yang mungkin disebut diabetes adalah pada tahun 1500 SM di Ebers papyrus Mesir. Ini mengacu pada gejala sering buang air kecil.
Gejala diabetes seperti rasa haus, penurunan berat badan, dan kelebihan buang air kecil yang diakui selama lebih dari 1.200 tahun sebelum penyakit punya nama. Dokter Yunani Aretaeus dikreditkan dengan datang dengan nama "diabetes" pada abad pertama Masehi dan berpikir gigitan ular disebabkan diabetes. Dr Thomas Willis (1621-1675) disebut diabetes "kencing jahat" dan menggambarkan urine dari orang dengan diabetes tipe 2 sebagai "luar biasa manis, seolah-olah itu dijiwai dengan madu atau gula." Dia juga yang pertama untuk menggambarkan rasa sakit dan menyengat dari kerusakan saraf akibat diabetes. Diabetes adalah kata Yunani yang berarti "untuk melewati." Diamati bahwa air seni dengan cepat melewati pasien dengan diabetes. Kata mellitus adalah dari bahasa Latin dan berarti "madu seperti manis."

Pada zaman kuno, dokter akan menguji untuk diabetes dengan mencicipi urin untuk melihat apakah itu manis. Orang-orang yang mencicipi urin untuk memeriksa diabetes disebut "icip air." Tindakan diagnostik lainnya termasuk memeriksa untuk melihat apakah urin menarik semut atau lalat. Pada akhir 1850-an seorang dokter Prancis bernama Priorry menyarankan pasien dengan diabetes untuk makan dalam jumlah besar gula. Jelas, bahwa metode pengobatan tidak berlangsung. Dr Elliott P. Joslin, pendiri Joslin Diabetes Center, adalah dokter pertama yang mengkhususkan diri dalam diabetes dan untuk mendorong pengelolaan diri. Dia menjadi tertarik setelah bibinya didiagnosis dan diberitahu tidak ada obat dan sedikit harapan. Dia meninggal karena komplikasi diabetes tidak lama setelah. Ibunya didiagnosis tahun ia mulai praktek pada tahun 1898 (beberapa tahun setelah kematian bibinya). Dia membantunya mengelola diabetes dan dia tinggal 10 tahun lagi yang cukup sebuah prestasi untuk kali.
Dr Elliot P. Joslin mengatakan diabetes adalah "yang terbaik dari penyakit kronis" karena itu menjadi "bersih, jarang sedap dipandang, tidak menular, sering menyakitkan dan rentan terhadap pengobatan."

…bersambung…

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA