Dokter Kami Sahabat Anda

Sabtu, 06 September 2014

Ginjal Bermasalah Kenali dari urine

Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih, yang berfungsi utama menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urine. Maka bila ada yang tak beres dengan ginjal, gejalanya bisa dideteksi dari urine. Gejala penyakit ginjal dapat dilihat sesuai fungsi ginjal itu sendiri. Fungsi ginjal yang utama adalah sebagai sistem filter dan ekskresi, pengatur asam basa dalam darah, pengatur tekanan darah, dan menstimulasi produksi sel-sel darah merah.

Pada orang dengan gangguan ginjal biasanya jumlah urine yang dikeluarkan
lebih sedikit dari biasanya. Namun untuk sebagian orang, gangguan ginjal tahap awal biasanya tidak menunjukkan gejala apa-apa. Gejala biasanya tak dapat dilihat secara kasat mata, dari warna, bau, dan jumlahnya, kecuali jika ada darah. Urine orang yang ginjalnya bermasalah biasanya terjadi perubahan warna jadi merah atau seperti coca-cola. Kemungkinannya ada darah dan warnanya jadi keruh karena kemungkinan terjadi infeksi, Juga bisa berbusa jika ada protein yang bocor, Untuk lebih jelas, gangguan ginjal memang harus dideteksi melalui uji urine di laboratorium, tes urine merupakan tes yang paling sederhana dan dapat dipercaya. Di laboratorium akan diperiksa apakah ada eritrosit dan leukosit dalam urine, juga kreatinin atau kotoran yang dapat dihilangkan oleh ginjal yang berfungsi dengan baik. Selain urine, gejala pada gangguan ginjal juga bisa dideteksi dari fungsi ginjal lainnya yang terganggu seperti :
  1. Darah menjadi lebih asam
  2. Tekanan darah tinggi (hipertensi
  3. Hemoglobin (Hb) rendah
  4. Kurang darah (anemia)
  5. Mudah lelah
  6. Tubuh sering terasa sakit, kram, tidak ada nafsu makan, susah tidur.
  7. Penimbunan cairan seperti di kaki dan wajah yang terlihat seperti membengkak atau
  8. Pengeringan cairan dengan mata cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.


Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Bandung – Jawa Barat - INDONESIA