Dokter Kami Sahabat Anda

Kamis, 16 Oktober 2014

5 JENIS PENYAKIT YANG SERING MUNCUL PADA USIA LANJUT

Kerap kali kasus penyakit kanker ditemukan saat seseorang berusia lanjut, misalnya 40 tahun ke atas. Apakah semakin tua seseorang lebih rentan pada kanker? Ternyata bukan itu sebabnya. Ini terjadi karena kanker membutuhkan fase-fase untuk berkembang.

Mengapa resiko terkena penyakit kanker payudara lebih rentan terjadi pada wanita yang sudah berusia lanjut ? Selain faktor hormon ada lagi faktor lainnya seperti obesitas, pada umumnya wanita yang sudah berusia lanjut akan mengalami kegemukan pada tingkatan tertentu dan hal tersebut bisa memicu terjadinya resiko kanker payudara.

4. Hipertensi

Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah sistolik sama atau lebih tinggi dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih tinggi dari 90mmHg, yang terjadi karena menurunnya elastisitas arteri pada proses menua. Bila tidak ditangani, hipertensi dapat memicu terjadinya stroke, kerusakan pembuluh darah (arteriosclerosis), serangan/gagal jantung dan gagal ginjal

Sekitar 50% dari lansia memiliki gangguan intoleransi glukosa dimana gula darah masih tetap normal meskipun dalam kondisi puasa. Kondisi ini dapat berkembang menjadi diabetes melitus, dimana kadar gula darah sewaktu diatas atau sama dengan 200 mg/dl dan kadar glukosa darah saat puasa di atas 126 mg/dl. Obesitas, pola makan yang buruk, kurang olah raga dan usia lanjut mempertinggi risiko DM.

2. Kanker
Kanker merupakan sebuah keadaan dimana struktur dan fungsi sebuah sel mengalami perubahan bahkan sampai merusak sel-sel lainnya yang masih sehat. Sel yang berubah ini mengalami mutasi karena suatu sebab sehingga ia tidak bisa lagi menjalankan fungsi normalnya. Biasanya perubahan sel ini mengalami beberapa tahapan, mulai dari yang ringan sampai berubah sama sekali dari keadaan awal (kanker). Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung. Faktor resiko yang paling utama adalah faktor usia.

Penyempitan pembuluh darah jantung sehingga aliran darah menuju jantung terganggu. Gejala umum yang terjadi adalah nyeri dada, sesak napas, pingsan, hingga kebingungan.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang gejala ginjal bengkak atau ingin berkonsultasi tentang berbagai penyakit kronis silakan konsultasikan ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”di Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar