Dokter Kami Sahabat Anda

Selasa, 14 Oktober 2014

BAHAYA DIBALIK HILANGNYA NAFSU MAKAN


Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Ginjal adalah organ yang memiliki peran mengatur sistem pembuangan zat sisa pencernaan yang berupa racun dalam tubuh manusia. Sepasang ginjal yang dimiliki manusia mengatur bagaimana zat sisa pencernaan ini dikeluarkan dalam bentuk air seni atau urine.

Ketika ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya maka pembuangan zat sisa pencernaan yang berupan racun menjadi terhambat. Zat racun ini tetap mengendap dalam tubuh yang pada akhirnya sistem pencernaan pun mengalami gangguan.

Hal ini menimbulkan rasa malas untuk mengkonsumsi makanan. Nafsu makan menjadi menurun. Tubuh seakan tak mau untuk mencerna makanan yang ada di hadapannya. Walaupun bisa jadi itu adalah makanan favorit kita tapi kita seakan tak mau menyentuhnya.

Makanan sendiri sebagaiman yang sudah umum kita ketahui merupakan unsur terpenting bagi manusia sebagai sumber energi bagi tubuh dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Namun banyak orang yang menyepelekan makanan dan tidak bisa menjaga pola makan teratur sehingga melupakan makan karena kesibukan sehari-hari, sehingga nafsu makan menjadi berkurang. Inilah yang menjadi salah satu gejala awal penyebab penyakit ginjal.

Malas Makan Karena Kenyang Oleh Makanan Manis
Makanan manis akan membuat kadar gula darah tinggi sehingga yang menyebabkan penyakit diabetes, sedangkan makanan berlemak terbukti bisa bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang menimbulkan resiko tekanan darah tinggi. Padahal, kedua penyakit ini merupakan beberapa diantara penyebab seseorang bisa menderita penyakit ginjal kronik.

Malas Makan Karena Lebih Memilih Makanan Cepat Saji
Pola makan modern yang cenderung berkadar kalsium-oksalat tinggi (misalnya makanan dengan olahan bahan susu, minuman bersoda, makanan bergaram tinggi, makanan manis, vitamin C dosis tinggi, kopi, teh kental, dll) dan tinggi protein, memudahkan terbentuknya endapan pada organ ginjal. Bukan hanya itu, faktor genetik atau riwayat kesehatan keluraga juga turut berperan. Jika ada anggota kelaurga menderita penyakit batu ginjal atau batu kemih, kita memiliki kecenderungan lebih besar terserang penyakit yang sama daripada orang lain yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan gangguan ginjal.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang perilaku malas makan dan penyakit gagal ginjal silakan konsultasikan atau datang langsung ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar