Dokter Kami Sahabat Anda

Minggu, 12 Oktober 2014

VIRUS DAN BAKTERI PEMICU SEJUMLAH PENYAKIT KRONIS

Begitu banyak jenis penyakit yang kita kenal selama ini, diantaranya ada yang bersifat penyakit ringan dan yang lainnya bersifat penyakit ringan. Diantara sejumlah penyakit tersebut, ada beberapa penyakit yang timbul disebabkan oleh sejenis virus atau bakteri. Pengertian Virus sendiri adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.
Sedangkan Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Bakteri termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri. Struktur sel bakteri relatif sederhana dibandingkan virus : tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas.
Berikut adalah sejumlah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri diantaranya :
1. Flu tulang atau populer disebut chikungunya,adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parvovirus B19 yang disebabkan melalui gigitan nyamuk Aides Eigepty yang telah terinfeksi virus ini.

Gejala : gejala munculnya bercak-bercak merah pada mulut atau kulit. Untuk membedakannya dengan penyakit demam berdarah diperlukan pemeriksaan lebih lanjut karena gejalanya mirip dengan flu tulang. yaitu rasa ngilu pada persendian yang berlangsung selama 2 -4 minggu pasca flu biasa. Penderita merasa sangat kedinginan pada malam hari dan di pagi harinya tubuh terasa kaku. Biasanya kondisi kesehatan penderita akan berangsur-angsur membaik setelah 3 minggu.


2. Meningitis adalah radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut meningen.Meningitis bisa disebabkan oleh virus, jamur atau bakteri seperti :Staphylococcus aureus, Listeria monocytogenes,Mycobacterium tuberculosis, Neisseria meningitidis serta Haemophilus influenzae. Meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis.
Gejala : Sakit Kepalam, demam ringan serta kelelahan yang berlangsung kurang lebih 2-3 hari pada beberapa pasien, Penurunan nafsu makan, Kepekaan terhadap cahaya terang, Kebingungan dan kantuk, Leher demam, Mual dan muntah, Sakit kepala dan kaku.


3. AIDS, Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

AIDS merupakan bentuk terparah atas akibat infeksi HIV. Berbagai gejala AIDS umumnya tidak akan terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Kebanyakan kondisi tersebut akibat infeksi oleh bakteri, virus, fungi dan parasit, yang biasanya dikendalikan oleh unsur-unsur sistem kekebalan tubuh yang dirusak HIV. Penderita AIDS juga berisiko lebih besar menderita kanker seperti sarkoma Kaposi, kanker leher rahim, dan kanker sistem kekebalan yang disebut limfoma.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang jenis virus dan bakteri berbahaya atau ingin berkonsultasi tentang penyakit gagal ginjal atau transplantasi ginjal, silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA