Dokter Kami Sahabat Anda

Jumat, 10 Oktober 2014

SAMBUT MENTARI

Sinar Matahari atau UV adalah zat penting bagi tubuh yaitu kandungan vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin D secara alami diperoleh dari sinar matahari. Radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan kulit, bahkan kerusakan kulit secara permanen termasuk kanker kulit. Radiasi ultraviolet (UV) dapat menyebabkan kulit Anda terbakar, serta menyebabkan noda-noda cokelat serta penebalan dan keringnya kulit. Radiasi UV dapat merusak DNA, menekan kekebalan tubuh, dan mengaktifkan bahan kimia dalam tubuh yang bisa menimbulkan kanker. Efek negatif lainnya adalah penuaan dini. Bahkan belakangan diketahui bahwa radiasi UVA menembus kulit lebih dalam daripada UVB, sehingga dapat menyebabkan kanker kulit, dan bisa jadi menekan sistem kekebalan tubuh.

Berikut adalah efek dari Bahaya Sinar Matahari (UV) :
1. Luka bakar, lecet bahkan kanker kulit
Sinar matahari mengandung radiasi UVA, UVB dan UVC yang berbahaya untuk kulit dan kesehatan. Akibat radiasi sinar matahari adalah bintik-bintik merah seperti luka bakar, atau menyebabkan bengkak. Yang paling menakutkan adalah menyebabkan kanker kulit pada tahapan tertentu dengan ciri-ciri timbul bercak : Asimeteris, adanya garis pada tepi, perbedaan warna kulit, diameter bercak semakin besar


2. Penuaan dini dan keriput
Penuan dini adalah salah satu efek bahaya dari sinar matahari. Tamparan terik sinar matahari dalam waktu yang berkepanjangan akan menyebabkan perubahan yang nyata pada kulit. Kulir akan menjadi bergelambir, keriput dan kasar. Dan ketahuilah, hampir 80%% penuaan kulit disebabkan oleh sinar matahari. Sinar UVA memecah struktur kolagen yang menyebabkan keriput dan hilangnya kemampuan untuk memperbaiki kulit secara alami.


3. Kornea rusak dan katarak
Terkena terik sinar matahari secara langsung yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan kerusakan pada kornea mata dan kondisi seperti katarak. Sinar UV yang intens adalah pada jam 10.00-14.00 bahkan jika itu dalam keadaan berawan. Pada waktu tersebut sangat dianjurkan menggunakan penutup saat bepergian keluar



Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut terkait kanker kulit atau ingin berkonsultasi silakan berkonsultasi dengan Tim Farmasi RSCMI atau datang langsung ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar