Dokter Kami Sahabat Anda

Rabu, 15 Oktober 2014

MANFAAT DAN BAHAYA MAKANAN PEDAS

Selain rasanya yang menantang, pedas adalah salah satu jenis rasa yang banyak digemari orang. Begitu banyak makanan maupun cemilan yang berasa pedas yang digandrungi banyak orang. Menyantap hidangan pedas memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya, terlebih saat ini sudah banyak perusahaan produksi makanan pedas yang mekakai konsep “level kepedasan” untuk memberikan ragam tingkat kepedasan yang ditawarkan, memang sah-sah saja sih tapi yang terpenting bagaimana menjaga tubuh kita tetap sehat meskipun doyan makan makanan pedas.

Berikut adalah manfaat dan bahaya dari makanan pedas bagi tubuh
  1. Berat badan
    Manfaat : Cabai mengandung zat capsaicin yang bisa mempercepat metabolisme tubuh dan proses pembakaran kalori. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Bahaya : Tapi makanan pedas juga berpotensi mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare. Ketika makanan pedas sudah sampai di usus besar, efek iritasi dari makanan pedas ini akan langsung terasa. Kemudian tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus untuk meredakan gejala iritasi.
  2. Organ Jantung
    Manfaat : Cabai bisa menyehatkan jantung dengan cara mencegah terjadinya pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah terjadinya oksidasi penyebab penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung. Zat capsaicin menurut sejumlah penelitian mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya. Bahaya : makanan pedas mengganggu pola tidur. Sejatinya, tubuh Anda perlu rileks ketika Anda hendak tidur, terutama pada siklus pertama menuju saat terlelap karena makanan pedas juga dapat meningkatkan temperatur tubuh dan memicu detak jantung lebih cepat hingga orang cenderung menderita insomnia. Maka sebaiknya menghindari makanan pedas sebelum anda pergi tidur.
  3. Sirkulasi darah
    Manfaat : Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya. Bahaya : Akan tetapi mengkonsumsi makanan pedas berlebih juga dapat mengurangi sensasi rasa secara permanen sehingga lidah tidak lagi responsif dalam mengecap rasa karena pedas yang anda konsumsi sudah melebihi ambang respon lidah.
  4. Meningkatkan Fungsi Cerna
    Manfaat : Cabai bagi saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika anda sudah merasa heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung Bahaya : Gastritis Konsumsi makanan pedas yang terlalu sering dapat menyebabkan permukaan lambung menjadi rapuh dan mudah mengalami luka. Penyakit itu disebut gastritis alias mag, yang terjadi karena adanya peradangan pada lapisan lambung. Pasalnya, lambung yang sering ditimpa makanan pedas mengakibatkan lapisan-lapisannya menipis dan rentan terkena infeksi.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut mengenai manfaat dan bahaya mengkonsumsi makanan pedas atau ingin berkonsultasi terkait penyakit berat seperti jantung, diabetes, kanker atau ginjal, silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar