Dokter Kami Sahabat Anda

Minggu, 05 Oktober 2014

SAKITNYA TUH … DI SINIIII


Perempuan mana sih yang tidak mencintai sepatu hak tinggi, aksesoris yang satu ini begitu sangat berharga bagi mereka, tentu untuk menunjang penampilan mereka. Tetapi jika anda memakainya sepanjang waktu nah ini yang jadi masalah, karena sakit pada kaki dan masalah lainnya dapat terjadi, baik itu sebagai akibat langsung ataupun sakit sesaat saja. Masalah berkisar dari keprihatinan umum seperti mata ikan, bursitis (kelainan bentuk tulang kaki), kapalan , jari kaki keriting (hammertoe), sakit di pergelangan kaki atau sakit luar biasa di area mata kaki.
Sepatu hak tinggi ternyata bisa membunuh lebih dari apa yang kita kira,  ini terkait fakta bahwa 1 dari 10 wanita yang memakai sepatu hak tinggi setidaknya tiga hari seminggu atau yang sering terjatuh ketika memakai high heels berpeluang lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa sepatu hak tinggi adalah salah satu faktor terbesar yang menyebabkan masalah kaki pada wanita, dengan angka se pertiga penggunanya bermasalah di area sekitar kaki.


High Heels dan Penyakit 

Aktifitas memakai sepatu hak tinggi, secara perlahan dapat memperpendek otot-otot di betis dan punggung, menimbulkan rasa nyeri dan kejang-kejang otot. Setiap kali anda memakai sepatu yang membatasi bentuk alami kaki, maka semakin bertambah pula risiko anda mengalami sakit. Banyak wanita yang memakai sepatu hak tinggi sering mengalami pemendekan tendon Achilles. ketika kita mencoba berlih memakai sepatu hak yang rendah, maka otot akan mengalami adaptasi dan peregangan kembali dan ini bisa sangat menyakitkan. Tendon manusia dirancang sedemikian fleksibel, sehingga kaki bisa berjalan datar atau berjingkit. Permakain high heels yang rutin berarti anda telah menciptakan pola yang tidak sehat, yang mana pola ini akan terus berlangsung sekalipun anda sedang tidak memakai high heels.

Bagaimana memilih high heels yang benar ?
Dalam beberapa kasus, pekerja perempuan diharuskan untuk selalu memakai high heel dan ini bisa menjadi dilema, tapi untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh keharusan memakai sepatu hak tinggi. Berikut yang harus cek rutin yang harus anda periksa :
  1. Pilih heels yang wajar - Pilih sepatu dengan tumit rendah - satu inci dan setengah atau kurang dan dasar tumit yang lebar; tumit sedikit lebih tebal akan menyebarkan beban lebih merata. jenis sepatu yang tidak terlalu sempit memberikan sedikit jarak sekitar tiga inci atau lebih dapat membuat jari kaki lebih leluasa.
  2. Pakai sol sepatu yang lembut untuk mengurangi dampak pada lutut
  3. Pastikan ukuran sepatu anda tepat - sehingga kaki tidak geser ke depan, menempatkan lebih banyak tekanan pada jari-jari kaki. Pilihlah sepatu dengan kotak kaki cukup lebar untuk memungkinkan Anda untuk menggoyangkan jari-jari kaki.
  4. Gunakan high heels hanya pada hari-hari yang anda anggap memerlukan aktifitas berjalan atau berdiri yang sedikit.
  5. Ganti pilihan sepatu anda dari satu ke hari berikutnya - Jangan terus-menerus memakai sepatu hak tinggi, ganti dengan sepatu yang lebih nyaman seperti sepatu atletik atau mencoba jalan kaki ketika berangkat ke tempat kerja.
  6. Lakukan peregangan - Luangkan waktu setiap hari untuk meregangkan otot betis dan kaki. Pilih tumit tepat berdasarkan berat badan Anda untuk menciptakan penampilan yang aman.


    Oleh karena itu, bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak tentang rasa sakit yang disebabkan oleh sepatu hak tinggi atau efek berbahaya lainnya, silakan berkonsultasi dengan tim konsultan medis kami atau datang langsung ke "Canon Medicinae Indonesia" Rumah Sakit Pelengkap 21 Tubagus Ismail Dago VII avenue, Bandung Jawa Barat - INDONESIA Telepon: +62 - (022) 253- 1000 / Fax. (022) 251-6663 / HP: +62 - 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 - 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 - 0856.9518.6000 (Cancer) / +62 - 0822.1848.2898 (Heart) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (GENERAL), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL).

    (Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia Komplementer di Bandung - Jawa Barat - INDONESIA).