Dokter Kami Sahabat Anda

Senin, 06 Oktober 2014

MENGENAL KELAINAN GINJAL

1. Anuria
Anuria merupakan kegagalan ginjal dalam memproduksi urin. Anuria diakibatkan oleh kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi darah dalam ginjal. Anuria juga bisa muncul akibat radang di glomerulus, yakni organ penyaring darah pada ginjal. Penyempitan arterial efferent oleh hormon epinefrin dan radang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ini.
  Cara Pengobatan :
  • Tidak menahan drainase kemih yang berkepanjangan
  • Minum 8 gelas air sehari


2. Glikosuria
   Penyakit ini ditunjukkan dengan adanya kandungan gula dalam urin. Penyakit ini diakibatkan oleh    rusaknya badan malpigi yang bertugas untuk menyaring darah.
   Cara Pengobatan :
  • Jangan terlalu banyak makan makanan yang manis..
  • Mengonsumsi Mineral NaCl (Garam Dapur) dengan cukup.

3. Albuminaria
 Albuminaria merupakan kelainan ginjal yang diakibatkan oleh naiknya tingkat permeabilitas    membrane glomerulus. Permeabilitas bisa naik karena adanya luka di membrane glomerulus akibat  kenaikan darah, iritasi pada sel-sel ginjal akibat eter, bakteri, logam berat, dan zat lainnya. Penyakit  ini bisa diketahui dengan adanya protein albumin pada urin.
 Cara Pengobatan :
 • Tidak hanya mengkonsumsi nutrisi
 • Minum 8 gelas air

4. Hematuria
 Hematuria merupakan kondisi dimana urin mengandung sel-sel darah merah. Hematuria juga bisa  disebabkan iritasi atau radang pada sel-sel ginjal.
 Cara Pengobatan :
 • Minum 8 gelas air sehari
 • Tidak sering mengikuti latihan berat

5. Nefritis Glomerulus
 Nefritis glomerulus atau radang ginjal umumnya diakibatkan reaksi alergi terhadap racun yang  diproduksi bakteri Streptococcus yang bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya seperti tenggorokan.  Penyakit ini memungkinkan sel-sel darah merah dan protein tercampur dengan urin. Nefritis    glomerulus parah bisa menyebabkan gagal ginjal.
 Cara Pengobatan :
 • Saat ini Nefritis Glomerulus hanya bisa diobati dengan cuci            darah


6. Pielonefritis
Pielonefritis merupakan radang atau infeksi pada ginjal. Kondisi ini umumnya berawal dari bagian dalam ginjal (pelvis) yang menyebar ke seluruh bagian ginjal. Penyakit ini bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
Cara Pengobatan :
• Pemberian antibiotik selama 2 minggu. 4-6 minggu.
• Dilakukan pemeriksaan air kemih ulang untuk memastikan bahwa infeksi telah berhasil diatasi.
• Apabila ada kelainaan struktur baru maka perlu dilakukan pembedahan.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang kenailana pada ginjal atau bagaiaman cara mengantisipasi dan pengobatannya silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA