Dokter Kami Sahabat Anda

Kamis, 16 Oktober 2014

APA ITU PEMASANGAN RING JANTUNG


Pemasangan ring jantung yang sering disebut pemasangan cincin atau stent pada jantung, saat ini sedang booming di kalangan kedokteran.
Pemasangan ring jantung adalah prosedur untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat di bagian jantung. Ring jantung ini membuka pembuluh darah koroner di jantung sehingga jantung kembali menerima suplai darah yang cukup.

Menurut para dokter ahli jantung, ring jantung mulai dibutuhkan ketika seseorang mengidap penyakit jantung koroner yang biasanya terjadi akibat pembuluh darah koroner yang menyempit di bagian jantung.
Pembuluh darah koroner memungkinkan jantung mendapat suplai darah dan oksigen. Bahan-bahan vital bagi tubuh itu melewati pembuluh darah koroner untuk dialirkan ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan.
Oleh sebab itu, jika mengalami penyempitan atau bahkan penyumbatan akibat penumpukan lemak dan endapan kalsium, jantung mustahil mendapatkan dan mengalirkan pasokan darah maupun oksigen. Akibat fatalnya dapat menyebabkan kematian otot-otot jantung yang berujung kematian.

Biaya Pemasangan Ring Jantung

Biaya pemasangan ring jantung tergantung dari kualitas ring-nya, ring dengan kualitas yang baik dapat bertahan sampai 7 tahun bebas serangan jantung, harga satu ring berkisar 45-75 juta rupiah belum termasuk biaya kateter, dokter dan perawatan 1-3 hari di Rumah Sakit. Jika ditotal kira-kira bisa membutuhkan biaya sekitar 150-250 juta rupiah bila terdapat 2, 3 atau lebih penyumbatan pada pembuluh darah jantung maka membutuhkan ring sebanyak pembuluh darah yang tersumbat. Mahal sekali bukan?

Selain mahal, ternyata pemasangan ring juga memiliki risiko misalnya dapat terjadi bekuan darah, reaksi terhadap bahan yang digunakan pada saat pemasangan ring, tekanan darah yang turun dan lain-lain. Risiko terbesar adalah jika ring/stent pecah karena penyumbatan yang keras, maka harus dilakukan operasi Jantung Bypass untuk dapat menyelamatkan jiwa pasien.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang penyakit jantung atau ingin berkonsultasi langsung silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit
Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Bandung – Jawa Barat – INDONESIA.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar