Dokter Kami Sahabat Anda

Kamis, 23 Oktober 2014

KOLESTEROL

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan istilah kolesterol. Kata kolesterol sering dikaitkan dengan hal-hal seputar makanan lezat, berat badan yang berlebihan, faktor usia dan penyakit jantung. Tetapi apa sebenarnya kolesterol itu sendiri?
DEFINISI
Kolesterol adalah senyawa kompleks yang 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20 % sisanya berasal dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh antara lain dinding sel.

Kolesterol yang berada di dalam zat makanan yang kita makanan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi sejauh asupakan makanan kita seimbang dengan yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kita akan tetap sehat. Kolesterol bersifat tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai pembawa carier kolesterol darah.

JENIS-JENIS KOLESTEROL
1. Kolesterol LDL (Low density lipoprotein)
Biasa disebut kolesterol jahat, ya karena memang jenis kolesterol ini paling banyak terdapat di dalam darah. Tingginya kadar LDL merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner.

2. Kolesterol HDL (High density lipoprotein)
Kolesterol ini tidak berbahaya, karena jumlahnya yang sedikit, lebih sediit dari jumlah kolesterol LDL. Kolesterol jenis ini bisa membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri untuk kembali ke hati untuk di proses dan dibuang.


3. Trigliserida
Selain LDL dan HDL, masih ada jenis lemak lain yang bernama Trigliserida. Lemak jenis ini banyak terdapat di berbagai organ dalam tubuh. Meningkatnya kadar trigliserida dalam darah dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah seperti kegemukan, konsumsi alkohol, gula dan makanan berlemak.
Faktor penting yang menjadi penyebab dari kolesterol yang semakin meningkat, diantaranya adalah:

1. Faktor yang tidak dapat dikontrol
a) Keturunan. Apabila ada keluarga yang berkolesterol tinggi, maka besar kemungkinannya anak memiliki bakat unutk mempunyai kolesterol yang tinggi, resiko adanya suatu gangguan kesehatan biasa 6 kali lebih besar menimpa anak dibanding orang tua.
b) Usia. Setelah usia 20, kolesterol cenderung meningkat. Pada pria, kolesterol akan mudah naik setelah umur 50 tahun. pada wanita, kolesterol akan mudah untuk naik setelah menopause.
2. Faktor yang dapat dikontrol
a) Makanan telalu banyak lemak jenuh, seperti mentega, biskuit, dan fast food (makanan siap saji)
b) kelebihan berat badan
c) Kurang berolahraga
d) Merokok
e) Gaya hidup yang tidak sehat
f) Stress
g) Diabetes melitus
h) Minum kopi berlelbihan
i) Diet yang salah
j) Obesitas

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang kolesterol dan kaitannya dengan penyakit diabetes silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Apabila anda berminat ingin berobat atau ingin mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).



Tidak ada komentar :

Posting Komentar