Dokter Kami Sahabat Anda

Selasa, 14 Oktober 2014

GEJALA KLINIS MENINGITIS

Definisi :
Meningitis atau penyakit radang selaput otak adalah satu dari sekian penyakit berbahay di dunia. Lebih dari 70 % kasus meningitis terjadi pada anak usia bawah lima tahun. dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis

Meningitis dibagi menjadi dua golongan berdasarkan perubahan yang terjadipada cairan otak yaitu :
  1. Meningitis serosa, ditandai dengan jumlah sel dan protein yang meninggi disertai cairan serebrospinalyang jernih. Penyebab yang paling sering dijumpai adalah kuman Tuberculosis danvirus
  2. Meningitis purulenta, atau meningitis bakteri adalah meningitis yang bersifat akut dan menghasilkan eksudat berupa pus serta bukan disebabkan oleh bakterispesifik maupun virus.

Gejala :

Pada orang dewasa, gejala meningitis yang paling sering adalah sakit kepala hebat, yang terjadi pada hampir 90% kasus meningitis bakterial, diikuti oleh kaku kuduk (ketidakmampuan untuk menggerakkan leher ke depan karena terjadi peningkatan tonus otot leher dan kekakuan), demam tinggi tiba-tiba dan perubahan status mental; namun, ketiga ciri-ciri ini hanya muncul pada 44–46% kasus meningitis bakteri. Jika tidak terdapat satu pun dari ketiga gejala tersebut, dapat dikatakan bukan meningitis.Ciri lain yang dihubungkan dengan meningitis termasuk fotofobia (intoleransi terhadap cahaya terang) dan fonofobia(intoleransi terhadap suara keras). Pada anak kecil, gejala yang telah disebutkan di atas seringkali tidak tampak, dan dapat hanya berupa rewel dan kelihatan tidak sehat. Ubun-ubun (bagian lembut di bagian atas kepala bayi) dapat menonjol pada bayi berusia hingga 6 bulan. Ciri lain yang membedakan meningitis dari penyakit lain yang tidak berbahaya pada anak adalah nyeri kaki, kaki-tangan yang dingin, dan warna kulit abnormal

Penyakit Lanjutan
Masalah lain dapat muncul pada tahap awal perjalanan penyakit. Infeksi dapat memicu sepsis, suatu sindrom respons radang sistemik dimana terjadi penurunan tekanan darah, denyut jantung cepat, suhu tubuh abnormal yang tinggi atau rendah, dan peningkatan laju napas. Tekanan darah yang sangat rendah dapat muncul pada tahap awal, khususnya namun tidak eksklusif pada meningitis meningokokus; yang akan mengakibatkan kurangnya suplai darah bagi organ lain.

Cara Pengobatan
  1. Vaksinasi
    Banyak orang yang belum menyadari pentingnya pemberian vaksinasi yang merupakan perlindungan primer untuk mencegah infeksi penyakit. Meningitis yang merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan bakteri dapat dicegah salah satunya dengan melakukan vaksinasi secara rutin.
  2. Tingkatkan daya tahan tubuh
    Pentingnya menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi, rajin berolahraga serta makan tepat waktu. Selain itu kelelahan juga salah satu faktor penyebab daya tahan tubuh menurun.
  3. Menjaga kebersihan
    Virus dan bakteri tentu saja dapat masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ-organ tubuh mereka yang tidak menjaga kebersihan dengan baik. Untuk itu, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun sehabis menyentuh barang-barang yang mengandung banyak bakteri dan kuman seperti handphone, uang dan barang-barang lainnya terutama yang umum dan sering disentuh oleh banyak orang.
  4. Hindari kontak langsung
    Kemungkinan penularan penyakit ini antara lain dari batuk, bersin, berciuman dan kontak-kontak lainnya. Untuk itu, pastikan Anda menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit radang selaput otak atau meningitis serta hindari memakai barang-barang bersama seperti memakai sikat gigi bersama, berbagi makanan dengan satu sendok, dan sebagainya
Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang penyakit meningitis atau ingin berkonsultasi lebih jauh silakan konsultasikan atau datang langsung ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” di Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA


Tidak ada komentar :

Posting Komentar