Dokter Kami Sahabat Anda

Sabtu, 11 Oktober 2014

7 PENYEBAB KANKER PARU-PARU

Definisi
Kanker paru-paru adalah penyakit dengan ciri khas yaitu tumbuhnya sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Pertumbuhan sel ini dapat menyebar hingga ke luar organ paru melalui proses yang disebut metastasis.
Tanda dan gejala
Tanda-tanda dan gejala kanker paru meliputi :
• Gejala pada saluran napas dengan muncul gejala seperti: batuk darah, sesak nafas atau napas pendek.
• Gejala sistemik : berat badan turun, demam, gada pada kuku jari atau sering kelelahan.

• Gejala karena tekanan di daerah lokal: nyeri dada, nyeri tulang, obstruksi vena cava superior dan kesulitan ketika menelan.
Bila kanker tumbuh di sekitar saluran napas, keadaan ini dapat menghambat aliran udara, menyebabkan sesak napas. Hambatan ini dapat menyebabkan adanya akumulasi sekret di belakang sumbatan, dan menyebabkan terjadinya pneumonia.
Tumor pada bagian bagian paling atas dari paru-paru, dikenal sebagai Tumor Pancoast, dapat menginvasi bagian lokal dari sistem saraf simpatik, sehingga menyebabkan Sindrom Horner (jatuhnya kelopak mata dan pupil kecil pada sisi tersebut), dan juga menyebabkan kerusakan pada pleksus brakhialis.
Kebanyakan gejala kanker paru (hilang nafsu makan, berat badan turun, demam, kelelahan) tidak spesifik. Pada kebanyakan orang, kanker telah menyebar dari lokasi awalnya saat timbul gejala dan datang ke dokter. Lokasi umum penyebarannya termasuk otak, tulang, kelenjar adrenal, paru sebelahnya, hati, perikardium, dan ginjal. Sekitar 10% dari penderita kanker paru tidak mengalami gejala saat diagnosis; kanker ini ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan foto rontgen dada
Penyebab Genetika
1. Kanker paru-paru berkembang mengikuti rusaknya genetika pada DNA. Kerusakan pada genetika ini mempengaruhi fungsi normal dari sel, termasuk proliferasi sel, pemrograman kematian sel (apoptosis) dan perbaikan DNA. Ketika lebih banyak kerusakan terakumulasi, risiko terhadap kanker makin bertambah.
2. Diperkirakan bahwa 8 hingga 14% penderita kanker paru disebabkan oleh faktor keturunan. Pada orang yang mempunyai saudara yang terkena kanker paru, risiko meningkat hingga 2.4 kali. Hal ini disebabkan oleh adanya kombinasi gen.




Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang kanker paru atau penyakit kronis lain seperti jantung, diabetes atau kanker silakan konsultasikan dengan tim medis kami atau datang langsung ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar