Dokter Kami Sahabat Anda

Minggu, 05 Oktober 2014

DARIPADA CABE-CABEAN MENDING KACANG-KACANGAN


Kacang-kacangan adalah sebutan untuk jenis biji yang berukuran relatif lebih besar dibandingkan serealia (padi-padian atau bulir) dan digunakan untuk bahan pangan bagi manusia dan hewan ternak. Kacang-kacangan umumnya didapatkan dari tanaman famili Fabaceae yang jenisnya sangat banyak.
Kacang-kacangan mengandung sejumlah besar serat pangan dengan satu cangkir kacang yang telah dimasak mengandung 9-13 gram serat. Serat pangan yang terlarut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Kacang-kacangan juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, folat, dan besi.



Berikut adalah 3 jenis kacang yang popular akan kandungan manfaatnya :
  1.  Kacang Almond (Prunus dulcis)
     Manfaat kandungan :
    - Berprotein tinggi dan kaya nutrisi.
    - Membantu menekan nafsu makan
    - Meluruhkan timbunan lemak dan menjaga kesehatan menjaga jantung
    - Almond banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk melindungi tubuh terhadap kerusakan ringan akibat sinar uv.
    - Bagi penderita diabetes, mengonsumsi almond juga dapat membantu mengendalikan konsentrasi glukosa darah.
    - Kandungan mangan dalam kacang almond juga bermanfaat bagi tubuh dalam membentuk tulang yang kuat dan mengatur gula darah.
    - Kandungan magnesium yang sangat penting untuk kesehatan organ, otot dan fungsi saraf, dan mengatur tekanan darah.
    - Mengandung banyak flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan efek dari vitamin E.
    - Almond juga kaya akan kalsium. Kalsium berfungsi dalam menguatkan tulang dan gigi.

  2. Kacang Mete (Anacardium occidentale)
    Manfaat kandungan :
    Kacang mete merupakan sumber protein dan serat yang baik. Lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh tunggal, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang mete juga kaya akan kalium, zinc, asam folat, selenium, dan vitamin B.


  3. Kacang tanah (Arachis hypogaea L)
    Manfaat kandungan :

    - Kacang tanah kaya dengan lemak,
    - Mengandung protein tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan     Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium.
    - Kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya.
    - Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal.
    - Dalam 1 ons kacang tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.
    - Mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida,
    - Kacang tanah juga mengandung arginin yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida yang berfungsi untuk melawan bakteri tuberkulosis.

    Oleh karena itu, bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat kandungan kacang atau berkonsultasi mengenai berbagai jenis penyakit silakan berkonsultasi dengan tim konsultan medis kami atau datang langsung ke "Canon Medicinae Indonesia" Rumah Sakit Pelengkap 21 Tubagus Ismail Dago VII avenue, Bandung Jawa Barat - INDONESIA Telepon: +62 - (022) 253- 1000 / Fax. (022) 251-6663 / HP: +62 - 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 - 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 - 0856.9518.6000 (Cancer) / +62 - 0822.1848.2898 (Heart) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (GENERAL), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL).

    (Rumah Sakit Canon Medicinae Indonesia Komplementer di Bandung - Jawa Barat - INDONESIA).