Dokter Kami Sahabat Anda

Selasa, 14 Oktober 2014

KANKER SERVIKS

Penyebab
Kanker serviks disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18. Virus yang merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia. Dikarenakan perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun menyebabkan banyak orang yang melupakan atau bahkan menyepelekan proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Karena itu, Vaksinasi Kanker Serviks sangat dianjurkan.

Faktor Alami

Faktor alamiah pemicu kanker serviks adalah sejumlah faktor yang secara alami terjadi pada seseorang dan memang kita tidak mempunyai kemampuan untuk mencegahnya. Yang termasuk dalam faktor alamiah pencetus kanker serviks adalah
  1. Faktor usia diatas 40 tahun lebih berpotensi
    Semakin tua seorang wanita maka makin tinggi risikonya terkena kanker serviks. Tetapi hal ini tidak hanya sekedar orang yang sudah berumur saja, yang berusia muda pun bisa terkena kanker serviks. Tentu kita tidak bisa mencegah terjadinya proses penuaan. Akan tetapi kita bisa melakukan upaya-upaya lainnya untuk mencegah meningkatnya risiko kanker serviks.
  2. Faktor genetik tidak terlalu berperan dalam terjadinya kanker serviks. Ini tidak berarti Anda yang memiliki keluarga bebas kanker serviks dapat merasa aman dari ancaman kanker serviks. Anda dianjurkan tetap melindungi diri Anda terhadap kanker serviks.
Faktor Kebersihan

  1. Keputihan yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati.
  2. Penyakit Menular Seksual (PMS), yaitu penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. PMS yang cukup sering dijumpai antara lain sifilis, gonore, herpes simpleks, HIV-AIDS, kutil kelamin, dan virus HPV.
  3. Membasuh kemaluan dengan air yang tidak bersih, misalnya di toilet-toilet umum yang tidak terawat yang banyak mengandung kuman-kuman.

Faktor Khusus
Faktor khusus, adalah sejumlah faktor tertentu yang memicu munculnya kanker serviks baik bersifat langsung maupung tidak langsung, diantaranya :

  1. Berhubungan seksual pertama kali di usia terlalu muda.
  2. Berganti-ganti partner seks. Lebih dari satu partner seks akan meningkatkan risiko penularan penyakit kelamin, termasuk virus HPV.
  3. Memiliki banyak anak (lebih dari 5 orang). Saat dilahirkan, janin akan melewati serviks dan menimbulkan trauma pada serviks. Bila Anda memutuskan untuk memiliki banyak anak, makin sering pula terjadi trauma pada serviks.

Ciri-Ciri Kanker Serviks

  1. Pendarahan abnormal pada vagina, Ini terkait dengan adalah gejala yang paling umum seperti terjadinya pendarahan setelah hubungan seksual, bercak di antara periode menstruasi, perdarahan vagina yang abnormal dan berlangsung tiba-tiba. Kondisi-kondisi ini harus segera diperiksa agar mengobati kanker rahim tidak terlambat lagi.
  2. Nyeri panggul, nyeri panggul tidak berhubungan dengan kondisi lain, menstruasi, atau aktivitas fisik bisa menjadi gejala kanker serviks
  3. Keputihan, Ketika Anda mengamati bahwa Anda memiliki keputihan yang tidak biasa dan sering, mungkin menjadi salah satu gejala kanker. Ini merupakan gejala umum yang berkaitan dengan kondisi perempuan. jangan lupa Baca Juga Klik : Gejala Keputihan
  4. Peningkatan frekuensi kencing, Bila Anda sering buang air kecil, terutama jika Anda tidak hamil maka mungkin ada kemungkinan bahwa Anda memiliki kanker serviks.
  5. Kesulitan dalam buang air kecil, Ketika ada rasa sakit atau kesulitan saat buang air kecil, saatnya anda pergi kedokter dan check up. Ini mungkin juga merupakan gejala ISK (Infeksi Saluran Kemih) tetapi untuk memastikan, mencari info dari dokter untuk segera ditangani.
  6. Nyeri selama hubungan seksual = Bila Anda merasa sakit yang tidak diinginkan selama hubungan seksual, Anda mungkin menderita kanker serviks.
  7. Gangguan Pencernaan, Ketika Anda mengalami sembelit kronis dan merasa benjolan bahkan rasa sakit saat anda buang air besar
  8. Kehilangan nafsu makan, penurunan mendadak nafsu makan juga dapat menjadi tanda kanker serviks.
  9. Kelelahan, Bahkan ketika Anda beristirahat tapi Anda masih merasa stres dan merasa lelah sepanjang waktu, kemungkinan ini tanda dari kanker serviks.

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang kanker serviks atau sejumlah penyakit kronis lainnya, silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” di Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar